Mengenal Sistem SCR pada Truk UD Trucks, Lebih Ramah Lingkungan

polusi udara dan pembuangan gas berbahaya untuk lingkungan mulai menjadi masalah hingga membuat pemerintah turun tangan untuk menangani masalah ini

Saat ini, polusi udara dan pembuangan gas berbahaya untuk lingkungan mulai menjadi masalah hingga membuat pemerintah turun tangan untuk menangani masalah ini. 

Salah satunya melalui Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor P.20/MENLHK/SETJEN/KUM.1/3/2017 tentang Baku Mutu Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor Tipe Baru Kategori M, Kategori N dan Kategori O. 

Astra UD Trucks memahami permasalahan ini dengan adanya urgensi untuk menghadirkan produk kendaraan niaga yang tangguh namun tetap irit bahan bakar sambil menjaga lingkungan dengan mengubah sistem emisi gas buang dari kendaraan tersebut.

Untuk memberikan solusi terhadap lingkungan dan mematuhi peraturan dari pemerintah, Astra UD Trucks melalui ajang GIIAS 2022 pada tanggal 18 Agustus 2022 memperkenalkan Quester model terbarunya, Quester Euro yang sudah dibekali dengan sistem pembuangan emisi standar Euro 5 kepada publik.

Model ini sudah memiliki teknologi Selective Catalytic Reduction (SCR). Sistem SCR adalah teknologi yang dimiliki pada model Quester Euro 5 terbaru yang bertujuan untuk mengurangi emisi gas buang dan menjaga lingkungan. 

Teknologi SCR merupakan sistem pengolahan emisi yang mengurangi polutan berbahaya seperti gas Nitrogen Oksida (NOx) dan partikulat yang dihasilkan selama pembakaran.

Sistem SCR mengolah emisi yang mengurangi polutan berbahaya seperti Nitrogen Oksida (NOx) dan partikulat yang dihasilkan selama pembakaran. Dengan meningkatkan tekanan injeksi sehingga tercipta pembakaran yang sempurna akan mengurangi partikel sisa secara signifikan. 

Teknologi ini mampu mengurangi emisi gas buang tanpa mengganggu mesin utamanya. Sistem SCR adalah sebuah proses pengendalian emisi gas buang yang dilakukan setelah pembakaran dari mesin dan beroperasi pada suhu pembakaran mesin yang optimal. 

Dengan suhu pembakaran mesin yang optimal maka akan dihasilkan efisiensi bahan bakar yang tinggi atau lebih hemat dan menghasilkan lebih banyak Nitrogen Oksida namun sedikit Particulate Matter (PM)

Dimana lebihnya Nitrogen Oksida ini akan menjadi terurai oleh peran cairan AdBlue ke pipa gas buang. Teknologi SCR dapat mengurangi gas Nitrogen Oksida hingga 90% sekaligus mengurangi Hidrokarbon dan Karbon Monoksida dari 50% hingga 90%. Sistem ini melakukan pembakaran mesin lebih sempurna sehingga mesin tetap bersih dan awet. 

Cairan AdBlue adalah cairan saringan diesel yang tidak berwarna, tidak berbau dan juga tidak beracun serta aman digunakan pada kendaraan dengan teknologi SCR. AdBlue adalah cairan diesel exhaust fluid (DEF) yang terbuat dari urea dan air purifikasi. 

Maka dapat kita simpulkan bahwa AdBlue merupakan urea cair yang diformulasikan khusus untuk menetralkan gas buang pada kendaraan bermesin diesel. Cairan ini dipatenkan oleh German Association of the Automotive Industry (VDA).

Emisi yang dikeluarkan oleh Quester Euro 5 diklaim lebih ramah lingkungan. Karena cairan AdBlue tidak merubah pembakaran mesin. Ketika gas buang disemprotkan cairan Adblue maka emisi yang keluar lebih ramah lingkungan. 

Karena gas buang yang berbahaya pada lingkungan telah terurai bersama dengan Particulate Matter (PM).