Tips& Trik Irit BBM saat Mengendarai Truk Quester Euro 5, Apa Saja ya?

Menghemat pengeluaran BBM tentu akan memberikan keuntungan tersendiri bagi pemilik usaha yang juga mengandalkan kendaraan komersial seperti Truk Quester Euro 5.

Bahan bakar minyak (BBM) bagi kendaraan memanglah salah satu pengeluaran yang cukup diperhitungkan, terlebih bagi pemilik bisnis. 

Menghemat pengeluaran BBM tentu akan memberikan keuntungan tersendiri bagi pemilik usaha yang juga mengandalkan kendaraan komersial seperti Truk Quester Euro 5.

Tips Irit BBM

Penghematan ini pada dasarnya juga bisa dilakukan dengan dengan mengubah gaya atau kebiasaan dalam mengemudi serta merawat truk ini sendiri. Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan dalam mengendarai truk guna menghemat BBM. 

Kurangi idling

Idling yang terlalu lama dapat mengakibatkan pemborosan fuel. Idling atau mesin menyala saat diam sebenarnya membuat solar terbuang dengan percuma. Jika hal tersebut dilakukan terlalu sering, tentu berpengaruh pada efisiensi solar. 

Tentunya, idling ini sendiri dapat mempengaruhi beberapa hal yakni, bertambahnya biaya bahan bakar, meningkatnya polusi udara di tempat truk berkumpul, serta polusi suara di tempat pemberhentian truk itu sendiri.  

Diperkirakan, pengurangan 10% waktu idle setara dengan pengurangan 1% biaya bahan bakar ditambah keausan dan kerusakan mesin, dan juga pengaruh terhadap lingkungan.

Coasting

Coasting adalah memanfaatkan momentum gerak yang ada untuk membuat truk tetap melaju. Efek ini bisa didapat ketika jalan menurun ataupun ketika terjadi deselerasi. 

Anda bisa menerapkannya dengan menurunkan kecepatan perlahan dari jauh. Ketika terjadi deselerasi, tak ada pembakaran yang terjadi karena pedal gas tidak Anda injak. 

Pada momen truk sedang bergerak, artinya Anda mendapat bonus jarak tanpa perlu mengolah bahan bakar. Oleh karena itu, gunakan daya gelinding kendaraan sebanyak mungkin saat kondisi tertentu. 

Pengereman

Lakukan pengereman sesedikit mungkin. Hal ini dikarenakan jika terlalu banyak melakukan pengereman, selain membuat kampas rem akan cepat aus, ini membuat Anda harus kembali menginjak pedal gas.

Semakin sering melakukan pengereman, semakin sering pula akan menginjak pedal gas dan semakin berat juga kerja mesin untuk melakukan percepatan kembali. Kerja mesin yang berat bisa menyebabkan konsumsi BBM meningkat. 

Fuel Coaching

Fuel coaching merupakan salah satu fitur UD Trucks Quester, di mana fitur ini dapat memberi saran cara pemindahan transmisi maupun akselerasi yang paling optimal kepada pengemudi.

Hal ini dapat membuat pengemudi mengoperasikan kendaraan pada kecepatan ekonomis dan hal ini bisa menghemat konsumsi BBM. 

Skip Shifting

Skip shifting merupakan metode perpindahan gigi dengan cara melompati 1 gigi tertinggi. Hal ini bertujuan untuk mengurangi tenaga yang hilang jika setiap kali melakukan perpindahan gigi sehingga lebih cepat mencapai top gear. 

Metode ini sangat efektif digunakan pada UD Trucks Quester yang memiliki torsi besar pada rpm rendah sehingga UD Trucks mengakui bahwa metode tersebut dapat menghemat bahan bakar

Lakukanlah akselerasi yang halus, pertahankan kecepatan, jaga jarak dan lakukan perpindahan posisi gigi saat torsi optimal, umumnya di bawah 2.000 rpm. 

Tentunya, selain memperbaiki cara mengendarai truk, Anda juga perlu memastikan bahwa performa truk masih optimal. Dengan begitu, mesin mobil tidak perlu bekerja terlalu keras untuk truk beroperasi. 

Oleh karenanya, penting juga bagi Anda maupun pemilik truk melakukan perawatan rutin serta membersihkan truk agar performanya tetap optimal kapanpun akan digunakan. 

Demikianlah tips mengendarai truk agar irit BBM. Semoga informasi ini dapat diterima dan dimengerti oleh Anda dan tentunya membantu menekan biaya operasional truk. Jangan hanya dibaca, tapi juga diamalkan agar Anda dapat merasakan perbedaannya!